FRIDIAWATI, YULIN
(2020)
PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III SD.
Other thesis, University of Nahdlatul Ulama Surabaya.
Abstract
Covid 19 kini telah menyebar luas di belahan dunia. Salah satunya adalah
Indonesia. Kasus ini telah masuk di Indonesia awal bulan Maret tahun 2020.
Dampak adanya covid 19 ini sangat dirasakan oleh masyarakat Indonesia dalam
berbagai bidang. Pendidikan di Indonesia pun menjadi salah satu bidang yang
terdampak akibat adanya pandemi Covid-19. Dengan adanya pembatasan
interaksi, Kementerian Pendidikan di Indonesia juga mengeluarkan kebijakan
yaitu dengan melaksanakan kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan
menggunakan sistem dalam jaringan (daring). Kendala ketika pembelajaran daring
adalah pola kebiasaan cara belajar mengajar siswa dan guru yang sudah terbiasa
belajar secara konvensional. Guru masih belum terbiasa mengajar dengan
memanfaatkan media daring kompleks yang harus dikemas dengan efektif, mudah
diakses dan dipahami oleh siswa. Sedangkan siswa sangat membutuhkan budaya
belajar mandiri dan kebiasaan untuk belajar mengikuti komputer atau gadget.
Peneliti akan mengembangkan media pembelajaran berbasis audio visual
sebagai alat bantu dalam pembelajaran tematik di kelas III. Media audio visual
menggabungkan media visual berupa gambar dan kalimat serta unsur audio
berupa suara rekaman guru, sehingga media ini lebih bersifat interaktif.
Penelitian ini dilakukan di SDN Tanjung 3 Kecamatan Bendo
Kabupaten Magetan, sekolah di mana peneliti melaksanakan tugas sebagai guru
pengajar. Sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III semester I
SDN Tanjung 3 Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2020 /
2021 yang berjumlah 13 siswa pada pembelajaran tematik. Penelitian ini
dilaksanakan mulai bulan Oktober sampai Nopember 2020.
Peningkatan hasil belajar siswa pada siklus 1 bisa dilihat dari nilai ratarata
hasil
belajar
siswa
dari
ranah
kognitif
mengalami
kenaikan
5,05
dari
kondisi
awal
70,1
meningkat 75,2. Hasil belajar siswa dari ranah psikomotor mengalami
kenaikan 9,3 dari kondisi awal 71,5 meningkat 80,8 dan hasil belajar dari ranaf
afektif juga mengalami kenaikan 2,5 dari kondisi awal 73,8 menjadi 76,3.
Dalam siklus 2, peningkatan hasil belajar juga terjadi. Nilai rata-rata hasil
belajar siswa pada ranah kognitif meningkat 14,7 dari 70,1 meningkat menjadi
84,9. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada ranah psikomotor meningkat 13,1
dari 71,5 meningkat menjadi 84,6 serta nilai rata-rata hasil belajar siswa pada
ranah afektif meningkat 6,3 dari 73,8 meningkat menjadi 80,1.
Actions (login required)
|
View Item |