DJULIYANTI, MIA ALIFYA
(2020)
STUDI PEMBELAJARAN DENGAN MENERAPKAN KETERAMPILAN PROSES DI BEBERAPA SEKOLAH DASAR WRINGINANOM GRESIK.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Djuliyanti, M.A., 2020. Studi Pembelajaran Dengan Menerapkan Keterampilan
Proses Di Beberapa Sekolah Dasar Wringinanom-Gresik. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nahdlatul Ulama
Surabaya.
Pembimbing: Dr. Muhammad Thamrin Hidayat, M. Kes.
Penelitian ini mengenai studi pembelajaran dengan menerapkan keterampilan
proses. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis deskriptif mengenai
penerapan keterampilan proses yang dilakukan oleh guru di beberapa Sekolah
Dasar Wringinanom-Gresik dalam pembelajaran sehari-hari. Metode penelitian
yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah angket atau kuisioner tertutup, yang
menggunakan skala likert dengan 4 pilihan yaitu SS (Sangat Setuju), S (Setuju),
TS (Tidak Setuju), STS (Sangat Tidak Setuju). Jumlah responden dari penelitian
ini adalah 21 orang guru dari beberapa sekolah dasar. Berdasarkan hasil yang di
dapat dari responden yang paling unggul, sebanyak 67% responden sangat setuju
dengan kategori sangat baik pada pernyataan yang menjelaskan tentang
keterampilan proses yang telah sesuai dilakukan dalam pembelajaran sehari-hari.
Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa sebagian besar guru di Sekolah
Dasar Wringinanom-Gresik telah menerapkan dan menyetujui pembelajaran
dengan keterampilan proses, di samping itu bahwa pengetahuan guru tentang
keterampilan proses sudah sangat baik.
Actions (login required)
|
View Item |