AINI, NUR
(2020)
GAMBARAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN FLANEL PADA ANAK KELOMPOK B DI TK THORIQUL HUDA TANDES SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Nur Aini, 2020, Gambaran kemampuan membaca permulaan dengan
media pembelajaran papan flannel pada anak kelompok B di TK Thoriqul Huda.
Tandes Surabaya. Jurusan SI PG PAUD, UNUSA Surabaya. Pembimbing
NurulKamariyah, S.Kep.Ns.,M.Kes
Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan dalam membaca
permulaan dikelompk B. Penggunaan media flannel menjadi media yang dapat
meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak. Melalui media tersebut
dapat melatih anak dalam mengeja huruf, suku kata awal sampai mengungkaokan
sebuah kata. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian adalah untuk
mengetahui Gambaran kemampuan membaca permulaan dengan media
pembelajaran papan flannel pada anak kelompok B di TK Thoriqul Huda. Tandes
Surabaya.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini
bertempat di TK Thoriqul Huda Tandes Surabaya yang dilaksanakan pada
semester ganjil. Subyek penelitia ini adalah murid kelompok B2. Pengumpulan
data dilakukan dengan metode wawancara dikarenakan adanya pandemic covid19
maka pembelajaran dilaksanakan dengan sistem daring. Kesimpulan dari
penelitian ini adalah siswa di TK Thoriqul Huda sebagian besar mempunyai
kemampuan membaca permulaan dengan media pembelajaran papan flannel
dengan kategori berkembang sangat baik yaitu dengan nilai persentase 85%. Saran
bagi guru Diharapkan selalu memogram kegiatan yang lebih menarik, sehingga
anak tidak mudah bosan dalam kegiatan pembelajaran, dan terus menciptakan
kreatifitas dalam pembelajaran. Dan untuk sekolah diharapkan sekolah
meningkatkan kreatifitas dalam mengembangkan alat permainan edukatif (APE)
sebagai pendukung dalam kegiatan pembelajaran.
Actions (login required)
|
View Item |