PURNAMAWATI, FITRIAH
(2020)
GAMBARAN KEMAMPUAN BERBAHASA ARAB PADA ANAK USIA DINI DENGAN METODE BERNYANYI DI PPT TUNAS BANGSA KECAMATAN TANDES SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Fitriah Purnamawati., 2020. Gambaran Kemampuan Berbahasa Arab Pada Anak
Usia Dini Dengan Metode Bernyanyi Di Ppt. Tunas Bangsa Kecamatan Tandes
Surabaya. Penelitian Kualitatif Program Studi S1 PG Pendidikan Anak Usia Dini
Faklultas Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama. Pembimbing
Machmudah,S.Pd,.M.Pd
Gambaran kemampuan berbahasa arab pada anak usia dini sangat
diperlukan untuk perkembangan pengenalan bahasa arab dengan metode
bernyanyi pada pendidikan anak usia dini. Gambaran kemampuan berbahasa arab
yang dimaksud disini adalah bagian dari upaya untuk memaksimalkan
perkembangan pengenalan bahasa arab dengan metode bernyanyi pada anak usia
dini di PPT Tunas Bangsa. Permasalahan yang ada di PPT Tunas Bangsa adalah
keterbatasan pengetahuan dalam melafalkan bahasa arab tentang angka dengan
benar.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Kualitatif. Subyek penelitian anak
usia dini sebanyak 30 anak. Lokasi penelitian di PPT Tunas Bangsa Tandes
Surabaya. Dengan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah
deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian dari Gambaran Kemampuan Berbahasa Arab Pada Anak
Usia Dini Dengan Metode Bernyanyi Di Ppt. Tunas Bangsa Kecamatan Tandes
Surabaya. Setelah dilaksanakan observasi dan peran gambaran kemampuan
berbahasa arab pada anak usia dini dngan metode bernyanyi sebesar 83% (25
anak) yang dengan kriteria berkembang sesuai harapan (BSH) sesuai dengan
STPPA 2013 dan 17% (5 anak) anak yang mulai berkembang (MB) karena
kurangnya anak untuk bisa melafalkan bahasa arab tentang angka.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah, bahwa Gambaran Kemampuan
Berbahasa Arab Pada Anak Usia Dini Dengan Metode Bernyanyi Di Ppt. Tunas
Bangsa Kecamatan Tandes Surabaya berkembang sesuai harapan hal ini
dikarenakan anak mau dan mampu untuk melaksanakan tugas perkembangan
kemandirian sesuai dengan STPPA 2013. Disarankan kepada para pengajar untuk
menggunakan penerapan pengenalan bahasa arab dengan metode bernyanyi
sebagai alternatif pengajaran yang kreatif dan efektif.
Actions (login required)
|
View Item |