SUCIATI, ANIK
(2020)
GAMBARAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL DENGAN PENERAPAN PEMBERIAN REWARD PADA ANAK KELAS B DI RA ANNAHDLIYYAH SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
ANIK SUCIATI. 2020. Gambaran Kemampuan Sosial Emosional Dengan
Penerapan Pemberian Reward Pada Anak Kelas B Di RA Annahdliyyah Surabaya.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Pembimbing I : Nurul
Kamariyah, S.Kep., Ns., M.Kes, Pembimbing II : Jauharotur Rihlah, S.Pd., M.Pd.
Perkembangan sosial emosional anak di RA Annahdliyyah Surabaya masih rendah
karena masih kurangnya pemberian reward dalam membimbing anak serta guru
kurang bervariasi dalam penggunaan bahan belajar. Tujuan penelitian untuk
mendeskripsikan analisis faktor pemberian reward terhadap kemampuan sosial
emosional anak di RA Annahdliyyah Surabaya. Jenis penelitian kuantitatif. Subjek
penelitian anak didik di RA Annahdliyyah Surabaya anak didik kelompok B usia 5-6
tahun di RA Annahdliyyah Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian anak belum
berkembang kemampuan sosial emosionalnya sebanyak 28,5%, anak mulai
berkembang kemampuan sosial emosionalnya sebesar 43% dan anak yang sudah
berkembang sesuai harapan sebesar 28,5%. Hal ini menunjukkan bahwa dari 7
responden hampir setengahnya (43,0%) ada pada kategori mulai berkembang (MB)
dalam penerapan pemberian reward anak usia 5-6 tahun di RA Annahdliyyah
Surabaya. Pemberian reward dan keteladanan sangat cocok diterapkan karena anak
dengan mudah dapat mengerti dan mengikuti kemampuan sosial emosional yang
guru tanamkan disekolah. Hasil kemampuan sosial emosional dengan pemberian
reward anak kelompok B di RA Annahdliyyah Surabaya menunjukan peningkatan
yang sangat baik dalam kemampuan sosial emosional anak disekolah.
Actions (login required)
|
View Item |