PENGARUH BERLARI TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-5 TAHUN DI KB-TK ROUDHOTUL ILMI JETIS KULON WONOKROMO SURABAYA

RAHMAH, ALFI MANZILATUR (2020) PENGARUH BERLARI TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-5 TAHUN DI KB-TK ROUDHOTUL ILMI JETIS KULON WONOKROMO SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-210011_abstract.pdf

Download (368kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-28699.html

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya permasalahan perkembangan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di KB-TK Roudhotul Ilmi Jetis Kulon Wonokromo Surabaya. Peneliti menerapkan berlari untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh berlari terhadap kemampuan motorik kasar pada anak usia 4-5 tahun di KB-TK Roudhotul Ilmi Jetis Kulon Wonokromo Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Tehnik analisi data menggunakan distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh berlari terhadap kemampuan motorik kasar pada anak usia 4-5 tahun di KB-TK Roudhotul Ilmi Jetis Kulon Wonokromo Surabaya dengan hasil 6,6% Mulai Berkembang menjadi 66,7% Berkembang Sangat Baik. Kesimpulan dari penelitian ini, bahwa kegiatan berlari dapat mempengaruhi kemampuan motorik kasar anak di KB-TK Roudhotul Ilmi Jetis Kulon Wonokromo Surabaya. Disarankan kepada semua guru untuk memperbaiki pembelajaran yang kreatif agar dapat mengembangkan penerapan pengembangan dalam memberikan kegiatan pembelajaran yang berpengaruh meningkatkan kemampuan motorik kasar anak.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAsmara, BerdaNIDN0709058701asmaraberda@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Berlari, Motorik Kasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 12 Apr 2023 02:50
Last Modified: 12 Apr 2023 02:50
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/9526

Actions (login required)

View Item View Item