PERBEDAAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN MEMBACA LABEL PRODUK MAKANAN RINGAN SEBELUM DAN SETELAH EDUKASI MEDIA ULAR TANGGA DAN VIDEO (Studi pada Siswa-siswi Kelas XI di SMA Dr. Soetomo Surabaya)

MUQSITHAH, AMIIRAH (2024) PERBEDAAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN MEMBACA LABEL PRODUK MAKANAN RINGAN SEBELUM DAN SETELAH EDUKASI MEDIA ULAR TANGGA DAN VIDEO (Studi pada Siswa-siswi Kelas XI di SMA Dr. Soetomo Surabaya). [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-GZ-240108_ABSTRAK.pdf

Download (628kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-39084.html

Abstract

Label makanan juga berperan penting terhadap keputusan konsumen dalam membeli makanan, namun perilaku membaca label pangan kemasan di Indonesia masih cukup rendah. Oleh karena itu upaya dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan membaca label pada produk pangan salah satunya dengan dilakukannya berupa edukasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan pengetahuan dan keterampilan membaca label produk makanan ringan sebelum dan setelah edukasi kelas xi di SMA Dr. Soetomo Surabaya. Metode penelitian menggunakan Quasi Experiment dengan menggunakan desain Control Grup Desain dengan populasi adalah siswa-siswi SMA Dr Soetomo Surabaya sebanyak 150 orang. Sampel berjumlah 106 responden yang dibagi menjadi 2 kelompok media yaitu media ular tangga 53 responden dan media video 53 reponden. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik Simple Random Sampling. Variabel penelitian adalah pengetahuan dan keterampilan membaca label dengan instrumen menggunakan kuisoner dan wawancara. Analisis uji yang digunakan adalah Uji Wilcoxon dan Uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan terhadap pengetahuan sebelum dan setelah dengan media ular tangga dan media video dengan hasil (p-value = 0,000). Dan terdapat perbedaan teradap keterampilan sebelum dan setelah edukasi dengan media ular tangga dan media video dengan hasil (p-value = 0,000). Hasil selisih antar kedua media yang signifikan antara rata rata (mean) dua sampel yang tidak berpasangan dengan hasil (p-value = 0,000). Pemberian media ular tangga dan media video dapat berpengaruh terhadap pengetahuan dan keterampilan membaca.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSETIARSIH, DININIDN20061298dinisetiarsih@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Keterampilan, Label Makanan, Media Edukasi
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > RM216 Nutrition and diet therapy
Divisions: Faculty of Health > Program Study of Nutrient
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 16 Jul 2025 03:38
Last Modified: 16 Jul 2025 03:38
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11404

Actions (login required)

View Item View Item